NAMA
: MELISA ROSALIA
NPM
: 14211423
KELAS
: 3EA03
1. Kepribadian
Kepribadian adalah
karakteristik psikologis yang berada dari setiap orang yang memandang responnya
terhadap lingkungan yang relatif konsisten. Kepribadian dapat merupakan suatu
variabel yang sangat berguna dalam menganalisa perilaku konsumen. Bila jenis-
jenis kepribadian dapat diklasifikasikan dan memiliki korelasi yang kuat antara
jenis-jenis kepribadian tersebut dengan berbagai pilihan produk atau merek.
2.Nilai-nilai individu
Pola yang dapat kita lihat
dari nilai adalah perubahan perilaku dan alasan seseorang dalam membelanjakan
uang atau sember daya yang mereka kelola dan mereka miliki. Semakin tinggi
mereka menilai dari suatu barang dan jasa terhadap kehidupan, maka makin tinggi
pula apresiasi mereka dalam memandang barang dan jasa tersebut dari segi
konsumsi. Contohnya adalah jika seseorang memandang bahwa jenjang pendidikan
yang lebih tinggi adalah sesuatu yang mutlak dan penting, maka ia akan berusaha
untuk memperoleh pendidikan yang layak, walaupun tentu ada uang yang harus ia
keluarkan untuk hal tersebut. Dan sebaliknya, alau seseorang menmandang pendidikan
sebagai sesuatu yang kurang begitu penting bagi dirinya, maka ia tidak akan
berusaha untuk memperoleh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Walaupun ia
sebenarnya memiliki kemampuan untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi.
3.Konsep Gaya Hidup dan Pengukurannya
Gaya hidup adalah bagaimana
seseorang menjalankan apa yang menjadi konsep dirinya yang ditentukan oleh
karakteristik individu yang terbangun dan terbentuk sejak lahir dan seiring
dengan berlangsungnya interaksi sosial selama mereka menjalani siklus
kehidupan.
Psikografi adalah
variabel-variabel yang digunakan untuk mengukur gaya hidup. Bahkan sering kali
istilah psikografi dan gaya hidup digunakan secara bergantian. Beberapa
variabel psikografi adalah sikap, nilai, aktivitas, minat, opini, dan
demografi.
Teori sosio-psikologis
melihat dari variabel sosial yang merupakan determinan yang paling penting
dalam pembentukan kepribadian. Teori faktor ciri, yang mengemukakan bahwa
kepribadian individu terdiri dari atribut predisposisi yang pasti yang disebut
ciri (trait).
Konsep gaya hidup konsumen
sedikit berbeda dari kepribadian. Gaya hidup terkait dengan bagaimana seseorang
hidup, bagaimana menggunakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu mereka.
Kepribadian menggambarkan konsumen lebih kepada perspektif internal, yang
memperlihatkan karakteristik pola berpikir, perasaan dan persepsi mereka
terhadap sesuatu.
Ada 3 Faktor yang
mempengaruhi Gaya Hidup Konsumen :
1. Kegiatan yaitu bagaimana
konsumen menghabiskan waktunya.
2. Minat yaitu tingkat
keinginan atau perhatian atas pilihan yang dimiliki konsumen.
3. Pendapat atau pemikiran
yaitu jawaban sebagai respon dari stimulus dimana semacam pertanyaan yang
diajukan.
4.Pengukuran ganda perilaku
individu
Faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku individu terhadap pengambilan keputusan konsumen 1. sikap
orang lain
2. Faktor situasi tak terduga
Konsumen mungkin membentuk
kecenderungan pembelian berdasar pada pendapatan yang diharapkan, harga, dan
manfaat produk yang diharapkan.
DAFTAR
PUSTAKA :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar